welcome

Pages

Selasa, 25 Januari 2011

Coklat Kurangi Risiko Kematian


Coklat bisa menurunkan risiko kematian bagi pasien yang pernah mengalami serangan jantung. Mereka yang mengonsumsi coklat bisa mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung sebanyak dua hingga tiga kali per mingggunya, dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsi coklat.

Dalam riset sebelumnya, memang sudah pernah ada bukti bahwa ada hubungan erat antara makanan berbahan kakao dengan tekanan darah lebih rendah atau peningkatan aliran darah.

Namun studi yang diadakan Kenneth Mukammal dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston yang kali pertama mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi coklat bisa menjauhkan risiko kematian bagi mereka yang pernah terkena serangan jantung.

“Menurut hasil temuan kami, antioksidan dalam coklat merupakan jawaban atas hal ini,” kata Mukammal, seperti dikutip dari AFP.

“Antioksidan merupakan senyawa yang bisa membantu melawan radikal bebas,” tambahnya.
Menurut Mukammal, radikal bebas merupakan molekul yang terakumulasi dalam tubuh dan bisa merusak sel. Radikal bebas ini pun berperan dalam terjadinya serangan jantung, kanker, dan proses penuaan.

Dalam studi ini, Mukammal dan timnya melibatkan sebanyak 1.169 pasien wanita dan pria berusia 45 hingga 75 tahun. Mereka kemudian mengawasi riwayat kesehatan pasien dari tahun 1990 dan mencatat ketika saat pertamakali mereka mendapat serangan jantung.

Peneliti pun mencatat kebiasaan mengonsumsi coklat yang dilakukan para pasien. Hasilnya, seperti yang telah diduga sebelumnya, mereka yang mengonsumsi coklat nampak lebih sehat dan memiliki umur lebih panjang dibandingkan mereka yang tidak makan coklat sama sekali.

Beberapa faktor lain seperti kebiasaan berolahraga, merokok, minum alkohol dan kegemukan juga turut berperan dalam penelitian ini.(int/gem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar