welcome

Pages

Selasa, 25 Januari 2011

Kolesterol Diperlukan untuk Perkembangan Otak





TIDAK selamanya kolesterol momok yang menakutkan. Ternyata, kolesterol diperlukan untuk pembentukan sel otak. Demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan Karolinska Institute, Swedish Medical University, seperti dilaporkan Xinhua. Profesor Ernest Arenas, yang memimpin studi tersebut, mengatakan percobaan pada tikus memperlihatkan pembentukan syaraf penghasil dopamine selama pertumbuhan otak bergantung atas aktifnya reseptor khusus di otak oleh satu bentuk oksidasi kolesterol yang disebut oxysterol.

“Oxysterol memberi sumbangan bagi perkembangan sel penghasil dopamine secara lebih aman dan lebih baik, yang merupakan kemajuan sangat besar karena itu meningkatkan kemampuan perkem-bangan perawatan baru penyakit parkinson,” kata Arenas baru-baru ini.

Sel syaraf penghasil dopamine memainkan peran penting da-lam banyak proses dan fungsi otak, dari ketrampilan gerak sampai kepada sistem ganjaran dan ketergantuan. “Semua itu juga adalah jenis sel yang mati pada penyakit Parkinson,” ujar Arenas.

Suatu hari, sel itu diharapkan akan memungkinkan penggantian sel yang mati di otak pada pasien Parkinson dengan pencangkokan sel penghasil otak dopamine yang dikembangkan. Sel seperti itu juga dapat dimanfaatkan untuk uji coba obat baru Parkinson. Hasil studi itu telah diterbitkan di dalam jurnal Cell Stem Cell.(int/gem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar